STEM dalah pendekatan dalam pembelajaran di mana Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika, terintegrasi dengan proses pendidikan dan fokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang nyata serta dalam kehidupan professional. STEM saat ini menjadi pendekatan yang banyak di bahas dan diparaktikan oleh praktisi pendidikan, mengingat pendekatan STEM terbukti telah meningkatkan hasil belajar sesuai standar outcome pendidikan abad 21. MA Negeri 2 Grobogan, sebagai salah satu lembaga pendidikan formal di kabupaten Grobogan Jawa Tengah, juga terus mempraktikan pendekatan pembelajaran STEM untuk beberapa mata pelajaran yang relevan. Seperti pada insert video yang disajikan, siswa-siswa MA Negeri 2 Grobogan mempelajari kimia pokok bahasan elektrokimia - sel volta, dengan harapan siswa memahami konsep-konsep teori reduksi oksidasi, mempraktikan langsung dengan mengintegrasikan, sains, teknologi, teknik, dan matematika, sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Pendekatan STEM sendiri saat ini terus mengalami pengembangan, sebagai contoh STEM telah diintegrasikan juga dengan Art (seni), sehingga keterpaduan antara science, technology, engineering, art, and mathematics (STEAM), menjadi pendekatan pembelajaran yang cukup efektif diterapkan pada sekolah-sekolah diberbagai negara (Red : Kurikulum MA Negeri 2 Grobogan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tulis Komentar Pertanyaan Untuk Postingan Ini